Musik

Gugun Blues Shelter akan Rilis Single 'Jingga'

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Selasa, 24 Mei 2022
Gugun Blues Shelter akan Rilis Single 'Jingga'
Gugun Blues Shelter rilis single baru (Foto: dok. GBS)

SETELAH menghasilkan 10 album sejak 2004, trio blues Gugun Blues Shelter atau yang dikenal dengan GBS berencana lebih fokus merilis rekaman-rekaman single.

Kabarnya, beberapa track baru dari Gugun Blues Shelter sudah siap rilis di sepanjang 2022 ini.

Baca Juga:

Kolaborasi Cya dan Laleilmanino Hadirkan Single 'JBAML'

GBS mengawali 2022 dengan single bertajuk Jingga yang akan diluncurkan dalam format digital pada 26 Mei, lewat kerja sama dengan label rekaman Demajors.

Gugun Blues Shelter rilis single 'Jingga'. (Foto: dok. GBS)

Tetap dengan dasar musik blues rock bernapaskan soul/R&B yang kental, Jingga juga menampilkan sisi pop terbaik dari GBS. Single Jingga merupakan hasil kolaborasi yang selaras dari Gugun sebagai penulis lagu utama dengan permainan gitar prima seksi ritme GBS, pemain gitar bas Fajar dan penabuh drum Bowi mengumbar groove panas dan menular di sepanjang trek.

Secara tematik, lagu Jingga merupakan respons pribadi Gugun tentang fenomena 'senja' yang kian populer beberapa tahun belakangan ini di dunia musik Indonesia.

"Kecenderungan musisi-musisi baru, para penggemar musik baru, tema-tema, dan segalanya tentang 'senja' yang secara kolektif muncul akhir-akhir ini. Entah apa maksudnya, tetapi hal tersebut menggugah saya untuk bereaksi," ujar Gugun pada keterangan resminya.

Lagu tersebut direkam di Velvet Studio jakarta, dengan dasar musik yang dimainkan secara live, tapi dengan gain yang lebih rendah bila dibandingkan dengan sound dan sikap live on stage yang ditawarkan di album sebelumnya, GBS Fest.

Jingga merupakan respons pribadi Gugun tentang fenomena 'senja' (Foto: merahputih.com/rizki fitrianto)

Proses mixing dan mastering digarap Giovanni Guidi, yang juga pernah bekerja dengan sejumlah musisi seperti NOAH dan Mocca.

Baca Juga:

DJ Yasmin dan Lyfes Hadirkan Single 'Salvation'

Sementara itu pengerjaan artwork Jingga digarap oleh Kating, seorang ilustrator asal Cilacap yang juga penggemar GBS Ia menampilkan gaya serta warna yang mengisyaratkan semesta metaverse.

"Dasar sketsa berasal dari coret-coretan saya, lalu diterjemahkan oleh Kating dengan luar biasa. Memang terinspirasi estetika metaverse, semesta yang berbeda, sebagai perayaan akan zaman juga," ucap Gugun.

Gugun juga mengatakan obrolan tentang NFT dan metaverse baru saja hadir dalam kehidupannya. Namun, bila trennya seperti itu, ia mengaku akan mencobanya.

Single Jingga bisa dinikmati di sejumlah platform streaming digital, seperti Spotify, Apple Music, Joox, Resso, YouTube Music, dan Deezer. (Ryn)

Baca Juga:

Soundwave Hadirkan Single Baru 'Love Me, You Do'

#Musik #Gugun Blues Shelter
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan